Teleskop Hubble Amati Penggabungan Tiga Galaksi

Teleskop Hubble telah memotret objek langit yang sangat indah dan sudah dirilis, IC 2431, trio galaksi jauh yang terletak di konstelasi Cancer. Trio itu terdiri dari LEDA 25476, Mrk 1224 atau UGC 4756, yang ditemukan pada 24 Februari 1896 oleh astronom Prancis Stéphane Javelle.

“Teleskop Antariksa Hubble NASA/ESA menangkap apa yang tampak sebagai penggabungan tiga galaksi yang sedang berlangsung, serta campuran dari pembentukan bintang dan distorsi pasang surut yang disebabkan oleh interaksi gravitasi dari trio galaksi ini,” kata astronom Hubble pekan lalu.

“Pusat gambar dikaburkan oleh awan debu tebal. Meskipun demikian, cahaya dari latar belakang galaksi dapat terlihat menembus ujung luarnya,” tambahnya.

Gambar IC 2431 berasal dari serangkaian pengamatan Hubble yang menyelidiki galaksi aneh dan menakjubkan yang ditemukan oleh proyek sains warga ‘Galaxy Zoo’.

Foto tersebut menggunakan Advanced Camera for Surveys dari Hubble. Para astronom melihat lebih dekat beberapa galaksi yang lebih tidak biasa yang diidentifikasi oleh para sukarelawan.

Proyek ‘Galaxy Zoo’ sebenarnya adalah sensus galaksi terbesar yang pernah dilakukan dan mengandalkan waktu crowdsourcing dari lebih dari 100.000 sukarelawan untuk mengklasifikasikan 900.000 galaksi yang belum diperiksa.

Dengan proyek ini, apa yang akan menjadi pekerjaan bertahun-tahun bagi seorang astronom profesional, terselesaikan hanya dalam 175 hari dan telah menghasilkan aliran proyek sains warga astronomi yang serupa.

Proyek Galaxy Zoo selanjutnya telah memasukkan studi terbesar yang pernah ada tentang penggabungan galaksi dan galaksi kerdil, serta penemuan jenis galaksi pembentuk bintang kompak yang sama sekali baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published.