Sugar Glider, Nokturnal Mungil yang Menggemaskan

Selain anjing, kucing, dan kelinci, kini possum layang atau sugar glider juga mulai banyak dipelihara oleh masyarakat Indonesia. Populasi hewan ini tidak terlalu banyak, sehingga penjualan dan perburuannya dibatasi.

Jayapura.karantina.pertanian.go.id menulis, di Indonesia termasuk dalam hewan langka kategori Appendix 2. Kategori ini menggolongkan hewan dilindungi di alam liar, perburuan dan penjualannya dikontrol dan dibatasi terlebih jika diburu langsung dari alam liar.

Sugar Glider merupakan hewan yang tergolong dalam marsupial arboreal, ukuran mirip tupai dengan berat 85-141 gram. Habitatnya di Australia dan Papua. Hewan yang aktif di malam hari atau nokturnal ini juga yang suka berinteraksi.

Disebutkan dalam Animals.sandiegozoo.org di alam liar, sugar glider hidup berkoloni kecil. Biasanya koloni terdiri dari tujuh ekor dewasa beserta anak-anaknya. Mereka tidak banyak turun ke tanah dan berlindung mencari makanan melalui pepohonan.

Dengan ukuran tubuhnya yang mungil, sugar glider pintar ‘terbang’ dan hinggap di antara pepohonan. Selain itu, bidang pandang yang luas dan dapat mengukur jarak rasio luncuran turut mendukung kemampuan ‘terbang’ sugar glider.

Sugar glider mengayunkan kepala dan mengarahkan ke target tempat lalu memiringkan tangan dan lengan disesuaikan dengan gelambir atau ‘sayap’nya. Mereka menggunakan ekor yang panjang, rata, dan lebat untuk kemudi.

Dinamakan sugar glider bukan tanpa alasan. Pada habitat aslinya, sugar glider suka memakan getah akasia, getah kayu putih, dan nektar bunga. Sugar glider digolongkan dalam omnivora oportunistik. Sebab pada musim tertentu mereka juga memakan kadal dan burung kecil.

Selain memburu hewan lain, sugar glider juga diincar oleh hewan lain untuk menjadi makanan seperti ular dan burung hantu. Untuk menghindari pemangsanya, sugar glider menggunakan kemampuan ‘terbang’ atau meluncurnya dengan melompat dari satu pohon ke pohon lain.

Sugar glider yang merupakan nokturnal akan cenderung berisik di malam hari. Tetapi karakteristik warna bulu yang unik, bulu badan abu-abu, bulu perut krem dan memiliki garis arang yang ada di wajah hingga hidung yang berwarna merah muda serta lingkaran mata hitam banyak diminati untuk dipelihara dan diperjualbelikan.

TATA FERLIANA

Leave a Reply

Your email address will not be published.