Sambut MotoGP Mandalika: Apa Itu Free Practice dalam MotoGP dan Fungsinya

TEMPO.CO, Lombok -Gelaran MotoGP seri kedua yang berlangsung di yakni MotoGP Mandalika akan mulai berlangsung pada Jumat, 18 Maret 2022.

Seri kedua ajang balap motor ini akan diawali dengan sesi Free Practice yang akan berlangsung selama dua hari. Sesi Free Practice akan berlangsung tiga sesi bagi Moto 3 dan Moto 2. Sedangkan, dalam kelas MotoGP, Free Practice akan berlangsung dalam empat sesi.

Lalu, apa itu sesi Free Practice dalam gelaran Moto3, Moto2, dan Moto GP?

Free Practice atau sesi latihan bebas adalah suatau sesi yang digunakan oleh para pembalap untuk beradaptasi menggunakan motornya dengan sirkuit yang akan menjadi tempat balapan. Namun, sejak musim 2013, Free Practice tidak hanya sekedar ajang untuk adaptasi saja, tetapi digunakan untuk menentukan hasil kualifikasi ataupun posisi start pembalap.

Catatan waktu yang diperoleh oleh masing-masing pembalap dari Free Practice 1 hingga 3 akan diakumulasikan dan akan muncul 10 pembalap yang memiliki catatan waktu terbaik dan secara otomatis akan langsung masuk ke fase Kualifikasi 2 dan akan mengisi 4 grid terdepan ketika race. Sedangkan, bagi peringkat 11 ke bawah akan diadu lagi dan harus melalui sesi Kualifikasi 1 dan dua pembalap yang paling cepat akan masuk ke dalam Kualifikasi 2.

Kemudian, dalam sesi Kualifikasi 2 akan ada 12 pembalap yang saling beradu cepat dalam waktu 15 menit untuk menentukan posisi start ketika race. Bagi pembalap yang paling cepat ia akan menempati pole position dan bagi pembalap yang tidak lolos ke Kualifikasi 2 akan menghuni grid 13 ke belakang dan disesuaikan dengan catatn waktunya masing-masing.

Lalu, apa guna dari Free Practice 4?

Free Practice 4 sejatinya hanya ada dalam kelas MotoGP dan dilaksanakan sebelum memasuki sesi Kualifikasi 1 dan 2 dalam kelas MotoGP.

Free Practice 4 berfungsi supaya masing-masing tim bisa menemukan setting terbaik dari motor mereka masing-masing sebelum masuk ke dalam sesi kualifikasi. Bagaimana di MotoGP Mandalika nanti?

EIBEN HEIZIER

Leave a Reply

Your email address will not be published.