Mengenal Apa Itu Vitamin B Kompleks dan 5 Manfaatnya

TEMPO.CO, Jakarta -Vitamin B kompleks merupakan suplemen yang mengandung delapan jenis vitamin B sekaligus dalam satu pil.

Delapan jenis vitamin B tersebut meliputi tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), asam pantotenat (vitamin B5), piridoksin (vitamin B6), biotin (vitamin B7), folat (vitamin B9), dan cobalamin (vitamin B12).

Manfaat Vitamin B Kompleks

1. Dapat Mengurangi Stres dan Meningkatkan Mood

Mengutip Healthline di alamat healthline.com, vitamin B kompleks sering digunakan untuk mengurangi kelelahan dan meningkatkan mood.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vitamin B kompleks dapat mengangkat semangat dan meningkatkan kinerja kognitif tubuh.

Dalam penelitian lain yang melibatkan 215 pria sehat ditemukan bahwa pengobatan dengan suplemen B kompleks dan mineral dosis tinggi mampu meningkatkan kesehatan mental dan stres secara umum serta meningkatkan kinerja pada tes kognitif.

2. Dapat Mengurangi Gejala Kecemasan atau Depresi

Meskipun suplemen vitamin B kompleks bukanlah obat untuk masalah kesehatan mental, suplemen ini dapat membantu memperbaiki gejala depresi atau kecemasan.

Sebuah penelitian pada 60 orang dewasa dengan depresi menunjukkan bahwa pengobatan dengan vitamin B kompleks selama 60 hari menyebabkan perbaikan yang signifikan dalam gejala depresi dan kecemasan, dibandingkan dengan plasebo.

3. Mengurangi Gejala Sindrom Pra-menstruasi

Berdasar situs Kaiser Permanente di alamat kaiserpermanente.org, penelitian telah menghubungkan kekurangan vitamin B dengan menstruasi, sehingga beberapa wanita dengan sindrom pramenstruasi dapat menggunakan vitamin B kompleks untuk mengurangi bahkan menghilangkan gejala sindrom tersebut.

4. Mencegah Tardive Dyskinesia

Dalam beberapa penelitian, mengonsumsi vitamin B kompleks bersama dengan nutrisi lain tampaknya berpengaruh dalam mencegah perkembangan tardive dyskinesia.

5. Membantu Penyembuhan Vitiligo

Senyawa PABA yang biasa ditemukan dalam vitamin B kompleks telah terbukti dapat memperbaiki kulit yang terkena vitiligo.

Leave a Reply

Your email address will not be published.