Mengenal 5 Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal atau nefrolitiasis adalah pembentukan materi keras menyerupai batu yang berasal dari mineral dan garam di dalam ginjal. Ketika batu ginjal masih berukuran kecil, gejala yang muncul tidak terlalu terasa karena batu bisa keluar dari tubuh melalui saluran ureter secara alami dan lebih mudah.

Batu ginjal muncul karena disebabkan kurangnya minum air putih, berat badan berlebih, atau akibat efek samping operasi pada organ pencernaan. Endapan batu di dalam ginjal bisa disebabkan oleh makanan atau masalah kesehatan lain. Dikutip dari Healthline, berikut beberapa gejala batu ginjal:

1. Sakit di punggung dan perut

Rasa sakit batu ginjal dapat terasa di punggung, perut, di bawah tulang rusuk, atau di sekitar selangkangan. Biasanya rasa sakit mulai terasa parah ketika batu ginjal bergerak ke arah ureter, saluran antara ginjal dan kandung kemih. Kondisi ini dapat menyebabkan penyumbatan di ureter sehingga memicu tekanan pada ginjal.

2. Sakit saat buang air kecil

Gejala ini dapat terjadi ketika batu ginjal sudah mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih. Rasa nyerinya bisa seperti terbakar.

3. Ada darah dalam urine

Gejala ini biasa disebut juga sebagai hematuria. Darah yang keluar bersama urine bisa berwarna merah, merah muda, atau cokelat.

4. Urine tampak keruh atau berbau

Pengidap batu ginjal urinenya akan tampak keruh atau berbau busuk. Warna keruh dari urine disebabkan oleh nanah. Bau busuk ini berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih.

5. Demam dan meriang

Demam yang dirasakan bisa mencapai suhu di atas 38 derajat celsius. Apabila mengalami demam dan meriang, kemudian disertai dengan sejumlah gejala di atas, maka segera periksakan diri ke dokter.

WINDA OKTAVIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.