Keanu Massaid Curhat kepada Angelina Sondakh, Iri Teman-temannya Punya Ortu

Keanu Massaid, putra Angelina Sondakh mengaku kepada ibunya, selama ini iri dengan teman-temannya. “Karena they have parent,” kata dia menjelaskan alasannya iri saat ditanya ibunya perasaannya selama sepuluh tahun tidak didampingi ayah ibu di sisinya.

Percakapan ini ada dalam vlog yang terus merekam perjalanan Angelina saat keluar dari Rumah Tahanan Pondok Bambu ke beberapa tempat, dan ditayangkan di kanal Keema Entertainment, milik Keanu dan pamannya, Mudjie Massaid, Kamis, 3 Maret 2022.

Angelina, akrab disapa Angie, berusaha menerjemahkan perbincangan Keanu, 13 tahun, lantaran kurang jelas. Ia mengulangi jawaban putranya yang merasa ibunya tidak peduli dengannya lantaran tidak pernah menjemputnya di sekolah. “Mungkin Keanu pikir, Mami ini enggak peduli ya, kok Mami enggak pernah jemput Keanu tapi setelah Keanu tahu bisa ngerti,” kata Angie, “Sekarang kita kan sama-sama terus.”

Perbincangan terhenti saat mereka tiba di toko bunga langganan Angie sebelum masuk penjara sebagai terpidana kasus korupsi Wisma Atlet di Jakabaring, Palembang. Angie turun untuk membeli bunga yang akan dia letakkan di atas pusara suaminya, Adjie Massaid di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan. Di toko langganannya itu, penjual meledeknya lantaran terlihat lebih berisi dibanding sebelum masuk penjara.

Menurut Angelina, bunga selalu menjadi jembatan hubungannya dengan Adjie Massaid. “Mas Adjie selalu kasih bunga. Biasa kan kalau lagi slek, kan gue kalau marah diam lama, nah Mas Adjie kasih bunga,” katanya. Angie membeli bunga lily dan mawar putih.

Sampai di mobil kembali, Keanu meminta ibunya tidak menangis saat berziarah di makam ayahnya. “Jangan nangis lagi ya,” kata Keanu. “Memang kenapa kalau nangis?” “Takut jadi ikut sedih,” balas Keanu. “Iya enggak nangis, tapi enggak janji.”

Obrolan beranjak ke soal Keanu yang merasa risih lantaran terus diikuti wartawan hiburan. “Wartawan teman kita, Keanu. Mami ngerti Keanu itu enggak biasa disorot, jadi ada ketakutan-ketakutan sendiri. Mereka itu baik, Keanu. Jangan alergi sama wartawan. Papa Adjie dulu banyak teman wartawan,” kata Angie menerangkan.

Sebelumnya, Angie bersama Keanu sempat mendatangi sebuah minimarket. Di momen ini, terlihat pemandangan mengharukan sekaligus menggelikan. Angie, yang selama sepuluh tahun menjadi warga binaan, terlihat kebingungan memilih begitu banyak barang yang dipajang di rak.

“Gue bingung terus terang nih. Mau pilih yang mana,” katanya kepada Mudjie Massaid, adik Adjie dan Aniz Sugiono yang melakukan siaran langsung bersamanya setelah keluar dari rumah tahanan. “Oh gila, di sini banyak banget pilihannya,” katanya tertawa. Ia membeli makanan yang tidak dijual di lapas. “Sekarang aku mau transaksi pertama setelah keluar.”

Angie terlihat kebingungan ketika Aniz meledeknya. “Mbak Angie, sekarang sudah cashless lho, bikin dulu di bank,” kata Aniz. Wajah Angie makin bingung. “Makanya aku enggak ngerti nih,” katanya. “Ini maksudnya gimana nih, bawa kantong belanja?” Ia mencoba memahami penjelasan Aniz yang menuturkan pembeli harus membawa kantong belanja sendiri dan tidak menyediakan kantong plastik.

Meski sudah keluar dari Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, status Angelina Sondakh belum bebas murni. Ia mengikuti program Cuti Menjelang Bebas yang harus dijalaninya selama tiga bulan sebagai klien Balai Pemasyarakatan Jakarta Selatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.