HUT Bapak Film Animasi Dunia Walt Disney, Jatuh Bangun Sang Kartunis

Hari ini, 5 Desember merupakan hari kelahiran Walt Disney. Walt Disney merupakan sutradara animasi dan pelopor film kartun asal Amerika Serikat. Walt Disney terkenal atas karakter dan kartun ciptaannya seperti Mickey Mouse dan Donald Duck. Dilansir dari laman Biography, selama hidupnya, ia sukses menyabet sebanyak 22 Academy Awards. Selain itu, ia juga mendirikan taman rekreasi Disneyland dan Walt Disney World.

Ia menghabiskan masa kecilnya di Marceline, Missouri di mana ia mulai menggambar, mewarnai, dan menjual gambarnya kepada tetangga dan teman-teman keluarganya. Setelah itu, ia pindah ke Kansas dan mulai belajar membuat kartun secara formal di Kansas City Art Institute and School of Design.

Pada 1971, Disney dan keluarga pindah ke Chicago dan masuk ke McKinley High School di mana ia mengambil kelas fotografi, menggambar, dan belajar mengenai kartun. Ia sempat bekerja sebagai kartunis di sebuah koran sebelum Perang Dunia ke-I pecah dan ia dikirim ke Perancis dan Jerman untuk menjadi sopir ambulans.

Disney kembali ke Kansas pada 1919 dan memulai karirnya sebagai kartunis bersama Ub Iwerks. Pada 1922, mereka membuat studio kecil dan membeli kamera bekas untuk membuat film berdurasi dua menit untuk didistribusikan ke bioskop lokal.

Setelah mengalami kebangkrutan pada 1923, Disney mencoba untuk berkarir sebagai sinematografer. Namun, ternyata kesuksesan film “Alice” miliknya membuatnya dan kakaknya, Roy Disney, kembali ke Hollywood untuk menggarap series lanjutan “Alice” bersama Iweks.

Dilansir dari laman Britannica, film yang berjudul Steamboat Willie dirilis pada tahun 1928 dengan Mickey Mouse sebagai karakter. Film ini menjadi sensasi karena pada saat it, dunia perfilman baru saja memanfaatkan suara di dalamnya. Bukan hanya menciptakan karakter ini, Disney juga menjadi pengisi suara Mickey Mouse.

Selanjutnya, Disney meraup keuntungan yang luar biasa dari karyanya. Beberapa filmnya yang paling terkenal antara lain Pinocchio, Treasure Island, Cinderella, dan Peter Pan. Taman hiburan Disneyland pertama kali dibangun di Anaheim, California pada 17 Juli 1955 sebelum berekspansi secara global.

Walt Disney meninggal karena kanker paru-paru yang telah didiagnosis sejak 1966. Ia meninggal pada usia 65 tahun. Disney dan istrinya, Lillian, meninggalkan seorang anak perempuan bernama Diane Disney Miller dan seorang anak perempuan adopsi bernama Sharon Disney Lund.

DINA OKTAFRIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.