Cuaca Cerah Sambut Hari Pertama 2022 di Sejumlah Kota

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di beberapa kota di Indonesia secara umum dinaungi awan cerah dan berawan pada hari pertama Tahun Baru 2022, Sabtu, 1 Januari 2022.

Berdasarkan pengamatan situasi cuaca BMKG cuaca cerah mendominasi wilayah perkotaan sejak malam pergantian tahun. Wilayah perkotaan dengan kondisi cerah dan berawan, di antaranya Kota Medan, DKI Jakarta, Pangkalpinang, Mamuju, Padang, Semarang, Surabaya, Denpasar, Makassar, Ambon, dan Jayapura.

Kondisi hujan ringan hingga sedang diprakirakan melanda sebagian wilayah Serang, Bengkulu, Yogyakarta, Gorontalo, Bandung, Jambi, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tarakan, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Medan dan Mataram.

Situasi hujan petir diprakirakan terjadi di Pekanbaru pada malam hari, Manokwari, Banda Aceh, Ambon, dan Kupang pada siang hari.

Suhu di kota besar rata-rata antara 20 hingga 34 derajat celsius dengan tingkat kelembapan bervariatif antara 60 hingga 100 persen.

Masyarakat di sejumlah wilayah diimbau untuk mewaspadai dampak tidak langsung dari siklon tropis Rai terhadap kondisi cuaca di wilayah Indonesia berupa potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Awan hujan diprediksi bergerak ke wilayah Sulawesi Tengah, bagian utara Gorontalo, Sulawesi Utara, Maluku Utara, dan Papua Barat.

Masyarakat juga perlu waspada adanya potensi hujan lebat disertai angin kencang di sejumlah wilayah Aceh, di antaranya Bireun, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Timur, Aceh Utara, dan Aceh Selatan.

ANTARA

Leave a Reply

Your email address will not be published.