Buku Nikah Hilang? Buat Baru dengan Lengkapi Dokumen ini

Baru-baru ini, warganet dihebohkan dengan pengakuan pasangan artis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang kehilangan dokumen pernikahan mereka, berupa buku nikah. Momen ini terekam dari tayangan Youtue RANS Entertaiment pada 29 Desember 2021 lalu. Gigi kemudian menjelaskan bahwa buku nikahnya memang hilang, tetapi sekarang telah memiliki buku pengganti.

Buku nikah merupakan peranti penting bagi pasangan suami-istri, sebab merupakan dokumen bukti atas pernikahan suami-istri yang diterbitkan oleh Kantor Urusan Agama atau KUA. Dokumen ini sangat berguna ketika mengurus administrasi, seperti pembuatan kartu keluarga dan akta kelahiran anak. Urgensinya yang tinggi tak ayal membuat para petugas pencatat pernikahan atau penghulu sangat mewanti-watni pasangan pengantin agar menjaga buku nikah dengan baik.

Namun, tidak jarang buku nikah bisa hilang, baik disengaja maupun tidak sengaja karena berbagai faktor. Untungnya, apabila pasangan suami-istri kehilangan buku nikah bisa diterbitkan kembali secara gratis. Hal ini pun diatur dalam Peraturan Menteri Agama (PMA) No. 20//2019 Pasal 39 tentang Pencatatan Pernikahan.

Melansir dari instagram resmi Bimas Islam Kementerian Agama, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk menerbitkan kembali buku nikah. Persyaratan dokumen untuk permohonan menerbitkan kembali buku nikah karena hilang pun terbilang mudah. Berikut dokumen-dokumen yang harus dipersiapkan:

NAOMY A. NUGRAHENI

Leave a Reply

Your email address will not be published.