Bukan Cuma Bahan Memasak, Soda Kue Bisa untuk Pemutih Gigi dan Deodoran Alami

Natrium bikarbonat atau yang lebih dikenal dengan nama soda kue, merupakan bahan pembuat kue yang cukup populer. Dalam pembuatan kue, soda kue digunakan sebagai pelembut dan memberikan tekstur yang ringan pada makanan. Akan tetapi, selain dijumpai sebagai bahan memasak makanan, ternyata soda kue memiliki kegunaan lain. Lantas, apa saja manfaat soda kue selain untuk memasak? Berikut ulasan fungsi-fungsi lain dari soda kue.

Pemutih gigi Tidak sedikit pasta gigi yang menggunakan baking soda atau soda kue sebagai bahan utamanya. Mengutip dari thankyourbody.com, hal ini disebabkan karena kemampuan soda kue dalam memutihkan gigi. Tidak sedikit orang yang menggunakan baking soda sebagai pasta gigi alami untuk mengkilapkan gigi secara efektif. Namun, terlalu banyak memakai soda kue untuk menggosok gigi dapat menggerus (abrasif) gigi. Oleh karena itu, penggunaan soda kue untuk gigi perlu diperhatikan.

Deodoran alamiSoda kue dapat digunakan sebagai deodorant alami guna menghilangkan bau keringat. Pengaplikasian deodoran alami ini pun terbilang mudah. Melansir dari healthline.com, caranya, tepukkan soda kue ke bagian ketiak atau bisa juga mencampurnya dengan minyak kelapa, atau tepung jagung untuk membuat deodoran alami.

Pembersih alat-alat dapurSoda kue juga bisa dimanfaatkan sebagai pembersih dapur yang efektif. Campuran soda kue dengan asam, seperti air lemon ataupu cuka, soda kue dapat membantu membunuh mikroorganisme, seperti jamur atau bakteri. Pengaplikasiannya yaitu oleskan campuran soda kue dan air lemon ke permukaan alat-alat dapur yang kotor. Setelah itu, gosok menggunakan kain secara menyeluruh. Beberapa peralatan dapur yang bisa dibersihkan dengan soda kue antara lain oven, cangkir kopi, dan noda-noda yang menempel pada alat-alat dapur lainnya.

Pembersih toiletKegunaan lainnya dari soda kue adalah untuk membersihkan lemak, kotoran, buih, bahkan bau busuk pada toilet. Caranya siapkan seperempat soda kue dan setengah cangkir dari cuka putih. Campurkan keduanya ke dalam wadah sampai menghasilkan gelembung. Gunakan cairan tersebut untuk menggosok toilet menggunakan sikat kemudian bilas. Ulangi apabila diperlukan.

NAOMY A. NUGRAHENI

Leave a Reply

Your email address will not be published.