BTS Raih 3 Guinness World Records untuk Jumlah Pengikut Media Sosial Terbanyak

Grup idola K-Pop BTS menambah tiga rekor baru di Guinness World Records dalam kurun waktu satu bulan. Tiga rekor baru tersebut adalah jumlah pengikut media sosial terbanyak di Instagram, TikTok, dan Twitter sebagai grup musik.

Menurut Guinness World Records dalam situs resminya, BTS memecahkan rekor pengikut terbanyak di Instagram untuk grup musik dengan jumlah 60.151.959 akun hingga Februari 2022. Rekor sebelumnya juga dipegang oleh BTS pada April 2021 setelah mencapai lebih dari 40.220.226 pengikut.

“Namun, lebih banyak rekor dipecahkan ketika masing-masing anggota dari artis Korea Selatan ini bergabung dengan Instagram selama musim dingin 2021,” tulis Guinness World Records pada Jumat, 4 Maret 2022.

Pada Desember 2021, V BTS mencatatkan dua rekor dunia hanya dalam waktu 5 jam. Pemilik nama lengkap Kim Tae Hyung ini pertama kali memperoleh gelar rekor waktu tercepat untuk mencapai 1 juta pengikut di Instagram dalam waktu 43 menit. Tak lama setelah itu, V berhasil meraih waktu tercepat untuk mencapai 10 juta pengikut di Instagram dengan waktu 4 jam 52 menit.

BTS meraih rekor baru dengan pengikut terbanyak di TikTok untuk grup musik. Akun TikTok resmi BTS @bts_official_bighit tercatat memiliki lebih dari 45,7 juta pengikut. “Grup ini menempati urutan ke-16 di antara akun paling populer secara keseluruhan di TikTok (tidak termasuk akun TikTok sendiri),” tulis Guinness World Records.

Akun Twitter resmi BTS @BTS_twt juga memecahkan rekor sebagai pengikut terbanyak untuk grup musik dengan 44.167.059 akun. Sebelumnya, gelar tersebut telah beberapa kali diraih oleh boyband asal Inggris One Direction, dengan rekor terakhir dipatok 31.747.631 pengikut pada 2017.

Selain jumlah pengikut, BTS memegang berbagai rekor dunia lainnya terkait Twitter. Pada 29 April 2019, BTS dan penggemar mereka, ARMY mendaftarkan 422.228 engagements di platform yang memecahkan rekor Twitter engagements terbanyak (rata-rata retweet) untuk grup musik yang telah mereka pecahkan sebanyak empat kali, dan Twitter engagements terbanyak (rata-rata retweet).

Dengan pencapaian baru ini, BTS memiliki total 28 gelar rekor dunia dan dilantik ke dalam Guinness World Records Hall of Fame pada September 2021 untuk pencapaian mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published.