8 Manfaat Urang-aring, Tak hanya untuk Rambut

Sudah sejak lama, tumbuhan herbal urang-aring (Eclipta prostrata) dimanfaatkan untuk perawatan rambut. Urang-aring mengandung vitamin D dan vitamin E. Ada juga kandungan magnesium, kalsium, dan zat besi. Tak hanya untuk rambut, urang-aring juga banyak manfaat lainnya.

Mengutip Verywell Health, minyak urang-aring termasuk ramuan pengobatan dalam Ayurveda. Minyak urang-aring sering digunakan untuk meningkatkan pertumbuhan, kilau, kelembutan, dan kekuatan rambut. Minyak urang-aring juga berkhasiat memperlambat munculnya uban dan kerontokan rambut.

1. Pertumbuhan rambut

Mengutip Healthline, khasiat urang-aring tak kalah daripada minoxidil (rogaine) untuk mencegah kerontokan rambut. Kandungan vitamin E bermanfaat melawan radikal bebas yang menghambat pertumbuhan rambut.

Khasiat itu diketahui dari hasil penelitian terhadap hewan. Minyak urang-aring meningkatkan kesehatan kantong kelenjar tumbuhnya rambut (folikel).

2. Pengurangan ketombe

Minyak urang-aring bersifat antimikrob dan antijamur yang mengurangi ketombe. Minyak urang-aring ini juga bersifat antiinflamasi untuk mencegah iritasi kulit kepala.

3. Memperlambat kemunculan uban

Meskipun sebagian besar uban rambut tersebab genetik, minyak urang-aring berguna untuk memperlambat proses beruban. Rambut beruban juga karena hilangnya pigmen (melanin).

4. Relaksasi

Magnesium dikenal meningkatkan relaksasi otot, tidur, juga meningkatkan suasana hati (mood).

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Sifat antimikrob bisa dimanfaatkan untuk mengobati saluran kemih tersebab infeksi bakteri.

6. Kesehatan hati

Ramuan daun urang-aring digunakan dalam pengobatan Ayurveda. Ramuan itu berkhasiat untuk pembentukan sel hati.

7. Mencegah peradangan kulit

Minyak urang-aring bermanfaat untuk mengatasi kulit kering. Urang-aring yang bersifat antinflamasi, berguna mengobati peradangan kulit seperti psoriasis, dermatitis, dan jerawat.

8. Mengobati sakit kepala

Tumbuhan yang mengandung magnesium bermanfaat mencegah sakit kepala dan migrain.

WINDA OKTAVIA

Leave a Reply

Your email address will not be published.