5 Makanan untuk Bantu Kurangi Stres dan Kecemasan

Banyak cara untuk mengelola dan bahkan mengurangi tingkat stres dan kecemasan, salah satunya adalah makanan. Pada kenyataannya, makanan juga bisa berpengaruh pada kesehatan mental. Karena itu, penting untuk memperhatikan apa yang dimakan.

Sebuah penelitian pada Agustus 2015 mengatakan jumlah dan kualitas nutrisi yang dikonsumsi dari waktu ke waktu dapat mempengaruhi sirkuit saraf tubuh yang mengontrol emosi, motivasi, dan suasana hati. Penelitian lain pada Oktober 2017 dalam jurnal Psychosomatic Medicine: Journal of Behavioral Medicine, telah menunjukkan mikrobiota usus, mikroorganisme di usus, yang terdiri dari bakteri baik dan jahat, sebagai penghubung penting antara apa yang dikonsumsi dan bagaimana perasaan.

“Kesehatan mikrobioma atau kesehatan usus mempengaruhi suasana hati, emosi, dan kesehatan psikologis,” kata Alice Figueroa, ahli gizi di New York dan pendiri Alice in Foodieland, dikutip dari Everyday Health.

Melansir dari News Track Live, ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk mengurangi stres dan kecemasan.

Makanan kaya omega 3Omega-3 membantu mengurangi peradangan dan kecemasan. Makanan seperti minyak samin atau ghee adalah sumber kaya omega-3. Dianjurkan untuk mengonsumsi setidaknya satu sendok teh ghee setiap hari ke dalam makanan.

Makanan kaya triptofanMakanan kaya triptofan salah satunya adalah yogurt, yang dapat mengurangi tingkat stres. Yogurt sangat bermanfaat untuk kesehatan mental sebab mengandung unsur bakteri, lactobacillus, dan bifidobacteria, yang dapat bermanfaat bagi bakteri alami usus dan mengurangi kecemasan dan stres.

Makanan kaya magnesium dan potasiumPisang dan biji labu adalah sumber potasium dan magnesium yang sangat baik, yang membantu mengontrol keseimbangan elektrolit dan mengontrol tekanan darah. Makan makanan ini dapat membantu mengurangi gejala stres dan kecemasan.

Vitamin DKekurangan vitamin D dapat menyebabkan stres dan kecemasan. Sumber vitamin D terbaik adalah sinar matahari. Jadi, Anda perlu berjemur di bawah sinar matahari pagi sekitar 10-15 menit serta konsumsi makanan yang kaya vitamin D.

Kismis dan kunyit yang direndamMakan 4-5 ruas kunyit yang direndam dalam kismis sebelum tidur malam. Mereka kaya nutrisi. Ini tidak hanya akan membantu menjaga tetap sehat tetapi juga membantu menghilangkan stres dan kecemasan.

ANDINI SABRINA | EVERYDAY HEALTH | NEWS TRACK LIVE

Leave a Reply

Your email address will not be published.