3 Aplikasi Edit Foto Instagram yang Praktis dan Mudah Digunakan

TEMPO.CO, Jakarta -Gemar main Instagram? Ketahui ada beberapa aplikasi edit foto Instagram sering digunakan sebelum akhirnya foto akan diunggah di berbagai macam kanal media sosial.

Berikut ini merupakan aplikasi-aplikasi edit foto instagram yang mudah dan praktis digunakan sebelum diunggah ke media sosial Anda :

1. VSCO Cam

Vsco merupakan aplikasi edit foto yang dapat diakses di android atau PC. Aplikasi ini punya banyak opsi pengeditan. Salah satu fitur praktisnya tersedia editing option.

Pada fitur tersebut foto sudah diatur dengan filter otomatis dan hanya tinggal diatur kembali tingkat pencahayaan, kontras, dan ketajaman foto.

Selain itu di aplikasi VSCO juga terdapat ekposure di mana foto dapat diedit untuk menyesuaikan saturasi juga bayangan misalnya vinyet, ada pula pengaturan tingkat kekasaran.

Hal yang membuat VSCO populer sebagai aplikasi editing Instagram karena aplikasi ini fitur-fiturnya hampir dapat digunakan seluruhnya tanpa pembayaran, walaupun di bagian fitur-fitur premium khusus mesti berbayar.

2. Adobe Lighroom

Aplikasi edit foto instagram berikut ini menjadi paling primadona, lantaran hasil output fotonya berkualitas tinggi. Namun sayang aplikasi ini di beberapa android sulit untuk didownload sebab membutuhkan ruang penyimpanan yang cukup besar, namun hal tersebut setimpal dengan fitur-fitur fotonya yang bagus sekali.

Pada Adobe Lightroom terdapat eksposyur, yang terbagi menjadi beberapa fitur seperti Pencahayaan. Fitur pencahayaan berfungsi untuk menerangkan dan menggelapkan foto. Ketika mengklik fitur pencahayaan akan djsedia persentasenya, ke arah kiri maka gambar akan menjadi lebih gelap sedangkan ke kanan maka gambar akan lebih terang.

Selanjutnya ada fitur kontras, fitur kontras akan mempertajam foto menjadi lebih detail, bahkan pori-pori gambar saat diperbesar akan tampak lebih jelas. Namun berbeda dengan aplikasi editing foto lainnya, Adobe Lightroom ketika diperbesar maka pixel gambar tidak akan buyar.

Selanjutnya ada fitur Highlight, fitur ini berfungsi untuk menggelapkan atau menerangkan cahaya pada foto, ada pula bayangan : Jika foto kalian rendah/tinggi pada bayangan objek di foto kalian, kalian hanya tinggal mengaturnya di tool ini sesuai dengan kebutuhan kalian.

3. Snapseed

Snapseed merupakan aplikasi editing android yang paling nyaman interfacenya di mana fitur ditampilkan seluruhnya, selain itu snapseed juga aplikasi editing yang tidak pernah muncul iklan di tab menu ketika mengedit gambar saat terhubung dengan koneksi internet.

Aplikasi snapseed punya banyak fitur edit tema seperti Grunge, Retrolux, Glamour glow, Black and white, Noir, vintage dan Drama. Pada aplikasi snapseed ada fitur healing, fitur ini digunakan untuk menyamarkan titik-titik yang mengganggu di gambar.

Selain itu ada crop dan perspektif untuk mengatur ukuran gambar. Jika ingin mengedit secara otomatis bisa menggunakan curves. Fitur Curves tersebut berbentuk diagram di mana ada pengatur saturasi dan pencahayaannya.

Demikian tiga aplikasi edit foto yang praktis di Instagram.

TIKA AYUBaca : Telegram Rilis Fitur Baru, dari Terjemahkan Pesan hingga QR Code Berwarna

Leave a Reply

Your email address will not be published.