10 Negara Pengguna Sepeda Motor Terbanyak, Indonesia di Urutan Ketiga

Sepeda motor masih menjadi primadona sebagai kendaraan pribadi masyarakat. Tahukah Anda negara dengan jumlah pengguna sepeda motor terbanyak di dunia?

Umumnya sepeda motor digunakan di negara berkembang karena harganya yang terjangkau. Dilansir dari laman World Atlas, Rabu, 14 Agustus 2019, dari banyaknya jumlah sepeda motor di dunia, 58 persen di antaranya berada di Asia Pasifik dan wilayah Asia lain, seperti Asia Selatan dan Timur.

Dilihat dari banyak rumah tangga yang memiliki motor, berikut ini 10 negara pengguna motor terbanyak:

1. Thailand

Berjuluk “negeri 100 skuter”, Pew Research menemukan 87 persen rumah tangga di Thailand setidaknya memiliki satu sepeda motor. Dengan 18 juta rumah tangga, diperkirakan terdapat 15 juta motor di sini.

2. Vietnam

Sebanyak 86 persen rumah tangga di negara ini memiliki setidaknya satu sepeda motor. Diperkirakan ada 45 juta sepeda motor di Vietnam.

3. Indonesia

Sekitar 85 persen rumah tangga di Indonesia memiliki setidaknya sebuah sepeda motor. Menurut survei AISI, jumlah motor di tanah air mencapai 80 juta.

4. Malaysia

Sebanyak 83 persen rumah tangga di Malaysia setidaknya memiliki sebuah motor. Sedangkan jumlah sepeda motor di negara ini berkisar 13 juta.

5. Cina

Negeri tirai bambu ini menempati posisi kelima sebagai rumah tangga terbanyak pengguna sepeda motor. Sebanyak 60 persen rumah tangga di Cina memiliki paling tidak sebuah motor.

6. India

Meski jalanannya dipenuhi dengan suara klakson, tetapi jumlah rumah tangga pemilik motor di India tidak sebanyak di Indonesia. Sebanyak 47 persen rumah tangga di negara ini tercatat memiliki sepeda motor.

7. Pakistan

Selisih empat persen dengan India, Pakistan menempati urutan berikutnya. Negara ini memiliki 43 persen rumah tangga yang memiliki sepeda motor.

8. Nigeria

Negeri yang terkenal sebagai pecinta Indomie ini juga masuk dalam jajaran rumah tangga pengguna motor terbanyak. Sebanyak 35 persen rumah tangga di Nigeria memiliki sepeda motor.

9. Filipina

Filipina berada di urutan berikutnya. Negara ini memiliki 32 persen rumah tangga yang memiliki sepeda motor.

10. Brazil

Negara di Amerika Latin ini berada di urutan kesepuluh. Brazil memiliki 29 persen rumah tangga yang setidaknya memiliki sebuah sepeda motor.

AMELIA RAHIMA SARI

Leave a Reply

Your email address will not be published.